Sunday, October 22, 2023

INFUSORIA ITU SEPERTI APA YA?

BAB 1: Sejarah dan Jenis-Jenis Infusoria

Tau ga yang namanya infusoria, mereka itu  tinggal di air tawar, mereka udah jadi pusat perhatian para peneliti dari dulu banget, sejak temuan keren dari si Buchner pada 1899. Nah, menurut "The World of Protozoa: A Handbook" karya J. Jahn, infusoria termasuk dalam golongan protozoa yang keren abis, kayak Paramecium, Vorticella, dan Stentor, mereka adalah kelompok protozoa yang mempunya rambut getar atau cilia, jadi Euglena tidak termasuk infusoria karena alat geraknya flagel,  Nggak cuma itu, mereka juga berperan penting banget dalam ngejaga ekosistem air tawar, jadi bukan main-main nih peran mereka dalam rantai makanan dan proses dekomposisi.


INFUSORIA 

BAB 2: Cara Pembuatannya

Coba deh, buat infusoria sendiri di rumah, seru loh! Kamu bisa ngecek tipsnya dari buku "Practical Microscopy" karya Peter H. Gray. Caranya simpel aja, pertama, ambil air tawar segar dan tuang ke wadah kaca atau botol yang bisa kamu lihat dari luar. Lalu, tambahin bahan organik kaya serpihan daun, jerami, pelet, sayuran, atau sisa makanan. Jangan lupa, biarin wadahnya terbuka beberapa hari di tempat yang hangat dan kena sinar matahari. Proses fermentasinya bakal bikin muncul mikroorganisme yang asyik banget. Dijamin deh, dalam beberapa hari, infusoria bakal nongol dan ramai-ramai berkembang biak di air itu.
Pastikan air yang dipake nggak terlalu tercemar atau ada bahan kimia berbahaya ya, biar si infusoria bisa tumbuh dengan sehat dan aman.

Video pembuatan infusoria, saya belum buat ya...tunggu aja videonya ga lama lagi akan saya share disini....

BAB 3: Manfaat Infusoria

Nah, ngebahas soal manfaatnya, infusoria itu bener-bener bikin ekosistem air tawar tetep seimbang lho. Ada penelitian seru dari jurnal "Aquatic Microbial Ecology" karya J. J. Cole yang nunjukin kalo infusoria bisa jadi petarung hebat buat bakteri jahat dan juga jadi pemain penting dalam siklus nutrisi di air tawar. Nggak cuma itu, di buku "Protozoa and Their Role in Marine Processes" karya A. V. Gooday, juga diungkapin kalo infusoria punya peran besar banget dalam ngebantu kehidupan organisme-organisme laut yang lebih gede.
Jadi, dengan ngerti dan menghargai peran infusoria dalam ekosistem, kita bisa lebih paham gimana caranya ngerawat alam dengan baik dan seimbang. Asyik kan?

Eh, tapi tunggu dulu, ada satu lagi manfaat seru dari infusoria, terutama dalam dunia perikanan. Mereka punya peran yang krusial dalam memberi makan awal-awal burayak atau benih ikan yang baru menetas. Soalnya, ukuran infusoria yang kecil pas banget buat bukaan mulut mereka yang masih kecil juga. Jadi, infusoria ini jadi sumber makanan yang sempurna buat burayak.

Khususnya untuk pemilik ikan cupang alias Betta, infusoria juga bisa jadi solusi darurat buat jadi pakan selama seminggu. Jadi, kalo lagi kehabisan Artemia alias brine shrimp, nggak perlu panik deh. Infusoria bisa jadi alternatif yang oke buat kasih makan si ikan kesayangan kamu.

Jadi, jangan remehin si infusoria ini, ukurannya memang kecil tapi manfaatnya bisa gede banget, terutama buat pertumbuhan dan kesehatan awal-awal ikan.

No comments:

Post a Comment