Monday, October 23, 2023

BEDANYA Green water, Chlorella dan Spirulina

Yuk kita bahas sampai detail supaya ga salah sebut lagi karena kesalahan konsep akan semakin kacau jika dibiarkan bekelanjutan, seperti orang yang menyamakan antara honda dengan sepeda motor.
Inget banget ketika ada orang nanyain saya, 
"Bang naik Honda apa?", trus saya jawab aja...,
" Honda YAMAHA NMAX" HE2...

GREEN WATER


Chlorella murni



Spirulina murni sedang dipanen

Spirulina bubuk 

Sudah kelihatan perbedaannya?sulit kan?ya memang sulit jika membedakannya dengan kasat mata KARENA ketiganya adalah Alga ukuran mikro/sangat kecil yang hanya bisa dilihat dengan mikroskop, mungkin sedikit lebih mudah membedakannya dengan Spirulina karena warnanya lebih kebiruan. 

GREEN WATER

adalah air yang berwarna hijau pada perairan yang beirisi alga berukuran kecil dan tanpa kita ketahui jenis apa yang ada di dalamnya, jadi bisa kita bilang Green water adalah istilah umum untuk algae hijau yang tidak kita tahu jenisnya apa saja. Jadi bisa jadi yang disebut green water itu berisi lebih dari 1 jenis/lebih jenis algae atau bisa jadi bercampur dengan bakteri hijau biru, alga merah, alga coklat dll tapi tidak dominan. 

CHLORELLA

adalah salah satu jenis alga yang mempunyai piqmen [warna] hijau dominan dan masuk ke kelompok algae hijau [Cyanophyta] yang mempunyai satu sel dan biasanya sering digunakan untuk Protein Sel Tunggal [PST] . TANPA meingidentifikasi dengan mikroskop kita tidak akan mengetahui keberadaan Chlorella. PST adalah makanan berprotein tinggi, dimana satu sel dari alga ini mengandung sekitar 40% protein dan biasanya digunakan untuk suplemen. 

SPIRULINA

adalah jenis algae bentuk benang yang sekarang sudah dimasukan ke kelompok bakteri karena lebih banyak kemiripannya dengan bakteri, sehingga nama barunya adalah bakteri hijau-biru [Cyanobacteria]. Jadi Spirulina ini mempunyai piqmen biru [Fikosianin] yang paling dominan dibandingkan piqmen lainnya. 
PENAMPAKAN KETIGA ALGAE DI MIKROSKOP



PENJELASAN TENTANG KETIGA JENIS ALGAE



KESIMPULANNYA 

Kita tidak bisa menyebutkan Chlorella dan Spirulina tanpa melihatnya di Mikroskop.
Tapi kita boleh menyebut Green Water dimanapun untuk semua perairan yang berwarna hijau. OKE semoga bermanfaat informasi ini. 

No comments:

Post a Comment