Thursday, October 26, 2023

CUPANG GIANT VS CUPANG PLAKAT

CUPANG GIANT VS CUPANG PLAKAT

Menelusuri sejarah ikan cupang giant, saya kekurangan sumber informasinya tapi dari beberapa yang saya baca, variasi ini  pertama kali muncul di Thailand, dan pembentukannya melalui proses seleksi buatan. Kalo munculnya karena seleksi buatan, berarti ya....cupang ini bukanlah spesies/jenis baru, melainkan hanya variasi genetik saja karena  sayapun sudah membuktikan.

Konsep Spesies/jenis menurut ilmu biologi adalah jika suatu jenis makhluk hidup dapat dikawinkan dan menghasilkan keturunan yang fertil [subur] maka termasuk sejenis dan mempunyai nama ilmiah yang sama. Karena Giant dan Plakat bisa dikawinkan dan mempunyai keturunan yang tidak mandul maka keduanya termasuk ke jenis Betta splendens.

Konsep Spesies/jenis menurut ilmu biologi adalah jika suatu jenis makhluk hidup dapat dikawinkan dan menghasilkan keturunan yang fertil [subur] maka termasuk sejenis dan mempunyai nama ilmiah yang sama. Karena Giant dan Plakat bisa dikawinkan dan mempunyai keturunan yang tidak mandul maka keduanya termasuk ke jenis Betta splendens.

Perbedaan paling mencolok keduanya adalah pada ukuran, cupang plakat biasa umumnya berukuran dewasa  sekitar 5 cm, berbeda dengan giant yang ukuran dewasanya bisa mencapai 12 cm, bahkan ada yang pernah sampai 15 cm. 

PERBANDINGAN CUPANG PLAKAT DAN CUPANG GIANT



CUPANG GIANT MULTICOLOR DEWASA 

Mekanisme awal muncul ikan Giant menurut informasinya adalah melalui seleksi buatan, mungkin akan saya coba jelaskan tahapannya  secara teori :

1. Hasil banyak perkawinan dicari variasi keturunan yang bertubuh besar
2. Variasi keturunan yang bertubuh besar di seleksi dan dijadikan indukan, diupayakan tidak inbreeding [kawin sedarah] agak tidak terbentuk genotip homozigot resesif yang biasanya memunculkan penyakit genetik atau cacat genetik
3. Terus menerus dilakukan seleksi keturunan beberapa generasi,  untuk mendapatkan fenotip [penampakan] yang kuat 


PERBEDAAN GIANT DAN CUPANG PLAKAT



No comments:

Post a Comment