Friday, October 20, 2023

CARA MENETASKAN ARTEMIA AIR LAUT

ARTEMIA AIR LAUT BERUMUR SEBULAN
ARTEMIA AIR LAUT adalah salah satu pakan yang mudah kita gunakan untuk diberikan ke ikan apapun terutama untuk burayak ikan karena ukurannya yang lebih kecil dari Moina [kutu air], beberapa kelebihan dari artemia air laut adalah :

  • Ukurannya yang sangat kecil, lebih kecil dari Moina dan lebih besar dari infusoria, sekitar 400 mikron atau 0.4 mm untuk panjang tubuhnya.
  • Mudah untuk ditetaskan dari telur, sekitar 1 sampai 2 hari
  • Kemungkinan kontaminasi kecil karena menggunakan air dengan salinitas [kadar garam] tinggi, lebih dari 20 ppt, sedangkan air tawar salinitas sekitar 0 ppt yang memungkinakan banyak kontaminasi.
  • Dapat pelihara lebih lanjut dan ukurannya semakin membesar, ketika sudah membesar makan artemia ini bisa digunakan untuk pakan ikan remaja atau dewasa. 
Berikut adalah cara menetaskan artemia air laut
1. Siapkan telur artemia dengan membeli di toko ikan atau online
2. Siapkan air dan garam atau gunakan air laut langsung jika memang dekat dengan laut. JIka menggunakan air tawar dengan garam, campurkan garam dengan air, kira-kira 1 liter air campurkan dengan 3 sendok makan garam atau lebih. Lebih baik jika menggunakan alat ukur untuk melihat berapa ppt air yang sudah kita campurkan, baiknya diatas 20 ppt. 
ALAT UKUR SALINITAS SEDERHANA [RP. 30.000]

MENGUKUR SALINITAS AIR SUMUR, HAMPIR 0 PPT


3. Masukan telur artemia ke air yang sudah kita campur dengan garam, tempatkan di ruang yang terkena cahaya di luar [outdooor] atau tempatkan di dalam ruangan dengan cahaya lampu direkomendasikan kira-kira 2000 lumen
4. Jika ingin lebih cepat gunakan aerator untuk mengaduk-aduk telur di air
5. Artemia akan menetas dalam waktu 24 jam atau kurang dari itu, ada juga yang penetasannya lebih dari 24 jam tergantung kondisi telur, dan kondisi lingkungan. 
6. Manfaatkan artemia untuk burayak dengan menggunakan saringan dan artemia yang bersisa dapat dipelihara sampai ukuran dewasan [sekitar 2 minggu] dengan memberikan pakan. Artemia dewasa ini dapat kita gunakan untuk ikan dewasa. Penjelasan bagaimana memelihara artemia sampai dewasa akan kita bahas di artikel berikutnya.

Berikut ada video cara mentaskan artemia paling simpel




Berikut ada video pengukuran berapa sendok garam untuk 20 ppt








No comments:

Post a Comment