Tuesday, November 7, 2023

KULTUR ARTEMIA AIR ASIN SANGAT MUDAH DAN MENGGIURKAN

 KULTUR ARTEMIA AIR ASIN SANGAT MUDAH, EFISIEN DAN MENGIURKAN

Judul yang saya buat tidak mengada-ngada karena begitulah adanya, bahkan artemia saya sendiri sekarang tidak habis-habis karena mereka terus berkembang biak tanpa harus kita tetaskan lagi dari awal. 

Beberapa kelebihan ternak artemia adalah: 

  • Sangat mudah dan tanpa perlu menggunakan peralatan yang menyusahkan , sebab pengalaman penulis sekarang sering menetaskan artemia tanpa aerator, tanpa selang, tanpa melubangi botol-botol seperti yang dilakukan di tiap tutorial yang ada di web atau youtube. 
  • Tidak mudah kontaminasi oleh apapun karena menggunakan udara dengan salinitas tinggi yang diangkat 20 ppt ke atas menjadikan ketahanan media kultur akan lebih lama
  • Telur mudah diperoleh, banyak dijual di manapun dan penggunaannya sedikit saja, tapi hasilnya memuaskan, bahkan tanpa perlu ditetaskan lagi, mereka akan beranak pinak.
  • Air asin bisa digunakan berkali-kali , hannya perlu menyaring jika ada kotorannya, jadi sangat hemat. 
  • Pembuatan air asin sangat mudah, bisa dengan air laut asli atau menggunakan air campur garam. Pengalaman penulis 1 liter dicampurkan dengan 3 sendok garam. Garam yang digunakanpun bebas, boleh garam apapun, tidak akan bermasalah pada artemia karena penulis pernah mencoba dengan garam iodium dan tanpa iodium, smuanya aman.
  • Serbaguna, sebab dapat digunakan untuk pakan ikan burayak yang sangat kecil dan ketika makin dewasa bisa digunakan untuk pakan ikan dewasa.   
                                          Penetasan artemia dengan cara paling simpel

Dengan kondisi seperti ini artemia bisa menjadi pilihan utama bahkan bisa jadi pengganti Moina/kutu air.                             



Media artemia yang bisa digunakan terus menerus

 





No comments:

Post a Comment