Thursday, October 19, 2023

PEMELIHARAAN ARTEMIA AIR LAUT

Artemia
adalah salah satu pakan penting untuk semua jenis ikan, terutama benih/burayak karena ukurannya yang sangat kecil, sekitar 0,4 mm untuk panjang badannya ketika baru menetas. Selain itu artemia mudah untuk dipelihara sampai dewasa dalam waktu sebulan dan dapat kita jadikan pakan untuk ikan dewasa.
Pemeliharaan artemia sangat mudah, pakan yang kita gunakan mirip dengan pakan Daphnia. Kuncinya adalah pengkondisian air selalu dalam keadaan bersih, tidak over pakan yang akhirnya membuat Artemia mati karena over pakan. Pemeliharaannya mirip dengan Daphnia, lebih baik kekurangan pakan dibandingkan over pakan.
ARTEMIA AIR LAUT UMUR 3 MINGGU

Pakan yang dapat kita gunakan antara lain :
1. Pelet halus/Dedak yang dilarutkan => larutkan, saring dan berikan ke artemia, sedikit saja, berikan 2 hari sekali atau sehari sekali, jangan sampai air kotor. 
2. Air kolam lele hijau/coklat/merah =>tuangkan air lele ke artemia, untuk air lele ini lebih aman biarpun kita berikan sampai air berubah warna seperti air lele. Berikan kembali ketika air sudah berubah menjadi jernih.
3. Green water yang sudah kita berikan racikan rahasia yang sudah pernah saya bahas sebelumnya, silahkan klik disini. Caranya mirip dengan pemberian air lele
4. Photosintetic Bacteria [PSB]=> mirinp dengan penggunaan air lele
5. Ragi => aktifkan ragi dengan mencampurnya dengan gula dan air hangat, lalu berikan ke artemia, berikan sedikit saja, jika over pasti artemia langsung mati.
6. Molase => campurkan dengan air dan berikan ke artemia, sedikit saja
7. Air beras=> berikan langsung ke artemia sedikit saja
8. Spirulina bubuk=> larutkan dengan air dan berikan ke artemia, sedikit saja
Dll..
Lebih baik kekurangan pakan dibandingkan berlebih, lebih aman berikan 2 hari sekali, jika ini kita lakukan terus, artemia akan dewasa dalam waktu 3 mingguan
salinitas/kadar garam akan semakin berkurang karena kita selalu menambahkan air ke tempat artemia, untuk itu perlu ditambahkan air yang sudah dilarutkan dengan garam rutin beberapa hari kemudia setelah kita sering memberikan pakan yang dilarutkan bersama air.

Berikut adalah video penggunaan Green Water untuk Artemia



 



No comments:

Post a Comment